Wisata Agro Jollong

WisataJateng.ID – Buat kamu yang berada di sekitar Kota Pati, dan ingin mecari destinasi wisata keluarga yang nyaman dan sejuk, berarti kamu sudah berada pada halaman yang tepat.

Kota Pati sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah, jadi hampir seluruh masyarakatnya bekerja dalam sektor pertanian.

Kota yang terkenal dengan bandeng prestonya ini, ternyata memiliki segudang tempat wisata apik yang wajib kita kunjungi saat berada di Kota Pati.

Kebun Kopi Jollong salah satunya, yaitu merupakan perkebunan kopi bekas peninggalan Kolonial Belanda yang kini dijadikan tempat wisata yang komplit.

Kebun kopi ini dijadikan sebagai tempat perkemahan (buper), wisata air terjun Grenjengan, sebagai agrowisata dan outbond.

Di perkebunan kopi ini kamu juga bisa menemukan aneka tanaman buah, sayuran dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan di bawah ini!

Lokasi Wisata Agro Jollong Pati

Wisata Agro Jollong berada di Desa Jollong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Lokasi Wisata Agro Jollong ini cukup mudah untuk diakses, karena lokasi Kabupaten Pati yang masih berda di deretan jalur pantura. Berada sekitar 20 km dari Kota Pati.

Jika kamu dari Kota Pati, arahkan kendaraan kamu ke utara menuju Jl. Raya Tlogowaru untuk menuju ke Kecamatan Gembong kira – kira sejauh 5 km, sampai kamu menemukan petunjuk jalan menuju Kebon Kopi Jolong. Pastikan keadaan badan dan kendaraan kamu dalam keadaan fit ya!

Daya Tarik Wisata Agro Jollong Pati

Wisata Agro Jollong (instagram @sulistiyoraden)
Wisata Agro Jollong (instagram @sulistiyoraden)

Wisata Agro Jollong adalah sebuah obyek wisata lengkap pas untuk dikunjungi bersama anggota keluarga. Wisata kebun kopi ini terbilang edukatif, karena kamu bisa berlibur sambil belajar bagaimana proses pengolahan kopi. Suasana di sini sangat sejuk nan asri karena berada di bawah puncak Gunung Muria.

Kamu bisa berkeliling melihat tanaman kopi yang begitu luas, memetiknya dan membawanya ke pabrik untuk diproses. Di sini tedapat pabrik pengolahan kopi, yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional IX.

Pabrik ini sudah terbilang sangat tua, karena dibangun pada masa penjajahan Belanda. Meskipun sudah berumur, tapi mesin – mesinnya masih bisa beroperasi secara baik seperti sekarang. Karena pihak pengelola dan masyarakat sekitar selalu menjaga dan melestarikannya.

Nikmatnya menikmati kopi di tengah perkebunan kopi yang luas, dengan suasana yang sejuk nan asri. Apalagi, jika kamu meracik sendiri kopinya. Pastinya ueenak!!

Perkebunan Kopi Jolong berada di ketinggian 570 – 790 mdpl dengan suhu yang sangat rendah, antara 25 – 32 derajat celcius dengan luas keseluruhan perkebunan kurang lebih 527 ha dan terdiri dari perkebunan kopi, pabrik kopi, bumi perkemahan Jolong dan aneka macam tanaman sayuran dan buah.

Produk Kopi Jolong ini sangat baik dan berkualitas tinggi, sehingga sudah diekspor ke luar negeri seperti beberapa negara bagian di Eropa dan Amerika.

Tak hanya ada Kebun Kopi saja lho, tak jauh dari Kebun Kopi ini juga ada air terjun Batu Sirap Grenjengan yang berlokasi di sebelah selatan pabrik berjarak kurang lebih 5 km dari pabrik kopi. Jadi setelah menikmati hangatnya kopi, kamu bisa main air di air terjun yang segar ini.

Selain air terjun, di sini juga ada perkebunan buah naga yang bisa kamu petik dan merasakan manisnya buah yang dipetik langsung dari pohonnya.

Di Kebun Kopi ini juga ada bumi perkemahan, buat kamu yang suka camping tempat ini bisa mejadi rekomendasi kamu ya. Kamu bisa menikmati hangatnya kopi pati dengan suasana pegunungan yang sejuk nan asri tentunya.

Tempat camping ini berada di sisi jurang menghadap ke Gunung Muria. Walaupun berada di sisi jurang, namun keadaannya aman terkendali dan dijamin keselamatannya.

Buat para orangtua yang membawa anak kecil, kamu tak perlu khawatir, karena di sini juga ada permainan anak seperti mobil mini, istana balon, area flying fox, kolam terapi ikan, rumah 3D Tricky Art dan kolam renang. Jadi, sangat nyaman bukan? Apalagi, jika datang bersama keluarga tercinta.

Ini nih yang paling penting, apalagi kalau bukan tempat – tempat foto yang instagramable. Yap, kamu bisa berselfie ria di spot – spot yang telah disediakan.

Wisata Agro Jollong Bunga Krisan

Spot foto yang ada antara lain sarang burung di atas pohon, gardu pandang bertingkat, istana bunga, spot foto berbentuk LOVE, spot foto berbentuk rumah, tugu teko dan cangkir yang sangat memikat pengunjung dan masih banyak lagi.

Abadikan momen berharga ini di lensa kamera kamu ya!

Setelah lelah berkeliling perkebunan kopi dan menikmati spot foto yang ada, pastinya lelah bukan? Kamu bisa duduk di gazebo – gazebo yang dapat mengusir rasa lelah kita.

Harga Tiket Masuk Wisata Agro Jollong Pati

Untuk dapat memasuki area wisata Wisata Agro Jollong Pati, kita dibebankan biaya tiket. Harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000.

Selain itu pengunjung juga harus membaya biaya parkir, untuk mobil Rp. 5.000 dan sepeda motor Rp. 2.000.

Bukan wisata kalau tidak mencicipi wisata kulinernya. Ada berbagai macam makanan khas Kota Pati diantaranya ada nasi gandul, mangut ndas manyung, soto kemiri, petis kambing runting dan masih banyak lagi.

Untuk oleh – olehnya, kamu bisa membeli jenang landoh, batik bakaran, kopi khas Pati dan bandeng presto yang menjadi andalan di Kota Pati.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Pati? Jika ada waktu luang, atau kamu sedang berlibur di Pati, jangan lupa untuk mampir ke Wisata Agro Jollong ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here