Watu Gunung Ungaran (instagram @erlanggaputri)
Watu Gunung Ungaran (instagram @erlanggaputri)

WisataJateng.ID – Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah. Apa yang kamu pikirkan tentang suasana ibukota? Tentunya udara yang panas dan suasana kota yang bising. Tapi cobalah kamu datang ke Kota Ungaran dan sekitarnya!

Sebuah Kota Kecamatan yang menawarkan berbagai macam tempat wisata yang memiliki suasana sejuknya alam pegunungan. Salah satunya yang sedang ramai di medsos ialah Wisata Watu Gunung Ungaran atau biasa disebut Kolam Renang Lerep.

Wisata Watu Gunung Ungaran merupakan sebuah tempat wisata di bawah Lereng Gunung Ungaran yang bernuansa sejuknya alam pegunungan dan disatukan dengan wahana buatan yang ada.

Lokasi Watu Gunung Ungaran

Watu Gunung Ungaran berlokasi di Jl. Srikandi Raya no 1, Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi (mobil / motor).

Waktu yang paling tepat berlibur ke sini adalah hari biasa (weekday) karena saat weekend pengunjung yang datang ke sini melonjak naik.

Jika kamu dari Pusat Kota Semarang, dengan melalui Jalan Semarang – Solo jarak tempuh sekitar 18 km dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit.

Untuk lebih jelasnya, dari manapun kamu berada kamu harus menuju ke Alun – Alun Lama Ungaran, dari sana kamu pilih jalan menanjak menuju Desa Lerep / Bukit lerep. Terus ikuti petunjuk jalan sampai kamu menemukan di sisi kiri jalan bertuliskan “Watu Gunung”.

Memang jauh dan melelahkan, tapi sesampainya di sana semua rasa lelah kita akan terbayarkan dengan keindahan Watu Gunung. Jangan lupa selalu jaga keselamatan kamu saat berkendara ya!

Daya Tarik Watu Gunung Ungaran

Watu Gunung Ungaran (instagram @leoandrabay)
Watu Gunung Ungaran (instagram @leoandrabay)

Tempat wisata ini diberi nama Watu Gunung Ungaran karena dahulu tempat ini adalah sebuah hutan yang ditumbuhi banyak pepohonan biasa. Kemudian hutan tersebut didesain menjadi sebuah taman dan dihiasi dengan bebatuan dari pegunungan. Batu – batu tersebut ada yang didatangkan langsung dari Gunung Merapi dan Gunung ungaran.

Kemudian taman ini ditanami berbagai jenis pepohonan seperti pohon mangga, pohon durian, pohon kelapa sawit, pohon coklat, pohon cengkeh, pohon pala dan pohon pisang.

Batu – batu ditata rapi, pohon – pohon ditanam dan taman ini kemudian dibangun menjadi sebuah tempat wisata yang apik.

Watu gunung memiliki konsep wisata alam pegunungan yang disatukan dengan wahana yang ada seperti kolam renang, danau buatan dan sungai buatan. Danau di sini dijadikan tempat untuk habitat ikan – ikan hias, yang menambah indahnya danau.

Untuk meregangkan otot – otot kamu bisa berenang. Di sini airnya jernih dan tidak berkaporit. Karena semua air di sini langsung dari mata air alami pegunungan.

Selain terdapat sungai dan danau, Watu Gunung juga di hiasi dengan berbagai macam pepohonan yang rindang di tepi – tepi kolamnya. Di Watu Gunung ini terdapat 3 kolam renang dengan luas dan kedalaman yang berbeda – beda.

Watu Gunung Ungaran ini juga memiliki konsep jawa klasik, hal ini terbukti dengan adanya bangunan Rumah Adat Jawa Tengah atau Joglo dengan ukiran khas jawa lengkap dengan peralatan gamelannya yang artistik. Ukiran tersebut didapatkan langsung dari daerah Rembang, daerah Kudus dan daerah lainnya.

Buat kamu yang berencana untuk menikah, tempat ini recomended banget buat foto pre-wedding. Banyak juga model – model yang melakukan sesi foto dan pembuatan video klip di sini lho.

Buat kamu mancing mania, tak tahan rasanya jika tidak mencoba mancing di sini. Melihat air yang jernih, ikan yang terjaga habitatnya menjadikannya spot memancing yang begitu menggoda.

Jika kamu lupa membawa alat pancing, jangan khawatir karena pengelola sudah meyediakan peralatan memancing yang bisa kamu sewa.

Selain untuk memancing, danau ini juga terdapat fasilitas perahu yang dapat digunakan untuk berkeliling menyusuri danau oleh para pengunjung.

Setelah lelah berjalan – jalan dan menikmati wahana yang ada, kini saatnya kamu untuk beristirahat. Duduklah di pendopo – pendopo atau gazebo – gazebo yang ada.

Kamu bisa membawa makanan dari rumah atau bisa juga membeli makanan di kedai – kedai makan yang ada. Di sini tersedia kedai makan yang didesain dengan nuansa khas jawa yang menyajikan berbagai menu makanan khas jawa.

Buat kamu yang tidak cukup menikmati suasana di Watu Gunung ini dalam sehari, kamu bisa menginap di penginapan yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Watu Gunung Ugaran

Watu Gunung Ungaran (instagram @_adreeyn)
Watu Gunung Ungaran (instagram @_adreeyn)

Untuk menikmati semua keindahan di Watu Gunung kita harus membayar tiket masuknya. Harga tiket masuk Watu Gunung Ungaran Rp. 20.000.

Dengan membayar tiket masuk tersebut kamu sudah bisa menikmati wahana kolam dan perahu yang berada di danau. Sementara untuk pemancingan kamu harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000.

Buat kamu yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000.

Disarankan jika kamu datang ke sini, pada hari – hari biasa. Karena jika hari libur pengunjung akan cukup ramai. Kamu juga harus mematuhi peraturan yang ada untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di tempat wisata.

Jika kamu membawa kamera DSLR, kamu akan dikenakan biaya tambahan, walaupun kamu bukan seorang fotografer professional.

Jadi sudahkah kamu membuat list destinasi wisata yang akan kamu kunjungi? Jika ke Kota Semarang wajib banget memasukan Wisata Watu Gunung ke dalam list liburan kamu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here