Telaga Warna Dieng (instagram @aadilahna)
Telaga Warna Dieng (instagram @aadilahna)

WisataJateng.ID – Yuk kali ini kita akan jalan – jalan ke Dieng di Wonosobo. Apa yang kamu pikirkan mendengar Kota Wonosobo? Tentu Dataran Tinggi Dieng yang sangat terkenal itu kan? Atau penghasil sayur dan buah – buahan segar terbesar di Jawa Tengah.

Kota Wonosobo sendiri berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di sebelah timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Kota Wonosobo sebagian besarnya merupakan daerah pegunungan, jadi gak heran ya jika Kota Wonosobo tanahnya tuh subur – subur. Di bagian timur ada Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, daerah utara kawasan Dataran Tinggi Dieng, di selatan ada waduk Wadaslintang.

Dengan sebagian daerah adalah wilayah pegunungan, membuat banyak obyek wisata alam yang terdapat di Kota Wonosobo ini. Terutama tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng. Banyak obyek wisata yang dapat kamu nikmati di Dataran Tinggi Dieng, salah satunya ialah Telaga Warna Dieng.

Untuk lebih jelas mengenai Telaga Warna Dieng, mari kita simak artikel berikut ini!

Lokasi Telaga Warna Dieng Wonosobo

Telaga Warna Dieng (instagram @indiraradanar)
Telaga Warna Dieng (instagram @indiraradanar)

Telaga Warna Dieng merupakan salah satu obyek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, yaitu Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Akses menuju tempat wisata ini sudah lumayan bagus, namun kamu harus berhati – hati karena berada di daerah pegunungan, maka kontur jalannya pun menanjak dan berliku – liku. Selain itu, di kanan kiri jalan berbatasan langsung dengan jurang yang cukup dalam.

Untuk dapat ke Telaga Warna Dieng, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika kamu menggunakan angkutan umum, kamu mulai dari terminal Kota Wonosobo dengan jarak tempuh kurang lebih 30 km selama 45 menit sampai 1 jam.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan kamu ke alun – alun Wonosobo, dan di situ akan ada papan petunjuk menuju Dataran Tinggi Dieng. Kemudian kamu ikuti jalan tersebut untuk sampai ke Telaga Warna.

Pastikan kondisi kendaraan harus dalam keadaan baik. Hal ini dikarenakan karena medan jalan yang berkelak – kelok dan menanjak. Bawalah setiap keperluan yang kamu butuhkan, seperti kamera buat foto selfie tentunya.

Daya Tarik Telaga Warna Dieng Wonosobo

Telaga Warna Dieng (instagram @plandreas)
Telaga Warna Dieng (instagram @plandreas)

Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Letaknya berada di sebelah barat kawasan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Tempat wisata ini selalu ramai pada hari libur maupun hari biasa.

Telaga Warna merupakan sebuah telaga yang berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini memiliki warna seperti pelangi, warnanya bisa berubah sewaktu – waktu. Oleh karena itu telaga ini dinamakan Telaga Warna.

Warna yang biasa terlihat biasanya merah, hijau, kuning dan warna pelangi lainnnya. Fenomena ini terjadi karena telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehigga saat sinar matahari mengenai telaga warna air terllihat berwarna – warni seperti pelangi.

Telaga ini berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi bukit – bukit tinggi yang menambah keindahan Telaga Warna semakin mempesona. Keindahan akan terlihat jelas jika kamu naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga ini.

Salah satu bukit yang dianjurkan adalah Bukit Ratapan Angin. Di bukit ini terdapat 2 batu yang bertumpuk, letaknya di sisi sebelah timur Telaga Warna. Dari atas bukit ini kamu bisa menyaksikan surga tersembunyai di Dieng yaitu Telaga Warna dengan sangat jelas dan menyeluruh.

Ada juga tempat lain yaitu Bukit Sidengkeng. di kedua tempat inilah kamu bisa mendapatkan hasil foto yang begitu ciamik. Abadikan keindahan ini di lensa kamera kamu ya!

Nikmati suasana yang begitu sejuk nan asri di Telaga Warna ini. Suasana ini yang selalu kita rindukan saat sehari – hari bekerja dengan jadwal yang begitu padat.

Waktu yang direkomendasikan adalah pada waktu pagi atau siang hari, karena pada waktu sore hari kemungkinan kawasan telaga akan diselimuti dengan kabut yang begitu tebal.

Jika kamu datang di waktu pagi atau siang, kamu akan melihat warna telaga yang sangat berwarna dengan pancaran sinar matahari yang sedang terik – teriknya.

Kamu juga akan merasakan aura mistis yang hening dipadu dengan kabut putih dan pepohonan di sekitar telaga yang begitu rindang. Di sini bukan hanya telaga saja lho, kamu juga bisa singgah di goa – goa yang berada di sekitar telaga.

Goa tersebut antaralain: Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari, Goa Pengantin dan Goa Jaran. Selain itu juga ada Batu Tulis Eyang Purbo Waseso. Goa – goa di sini sering dijadikan oleh masyarakat untuk tempat meditasi.

Goa – goa ini memiliki keunikan tersendiri, seperti Goa Semar yang merupakan pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Di depan goa ini terdapat arca wanita yang membawa kendi.

Di dalam goa juga terdapat kolam kecil yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan segala macam jenis penyakit dan membuat kulit menjadi lebih cantik.

Tidak jauh dari Telaga Warna terdapat telaga lain yaitu Telaga Pengilon. Telaga ini terletak persis di sebelah Telaga Warna, hanya dibatasi dengan rumput yang tersusun rapi membelah Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Warna Telaga Pengilon begitu bening berbeda dengan Telaga Warna. Hal ini dikarenakan karena kandungan sulfurnya sangat rendah.

Keberadaan Telaga Pengilon juga sangat bermanfaaat bagi warga sekitar. Mereka memanfaatkan telaga ini sebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas unggulan di Dieng.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Untuk dapat menikmati keindahan Telaga Warna Dieng, kamu dibebankan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk ke kawasan Telaga Warna Dieng sebesar Rp. 15.000 per orang.

Sedangkan untuk keamanan kendaraan kamu, diharuskan membayar uang parkir sebesar Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 2.000 untuk motor.

Biaya yang sangat ramah di kantong bukan? Dengan harga tiket yang terjangkau tersebut, kamu sudah bisa menikmati pemandangan dan suasana di Telaga Warna dengan sangat puas.

Jadi, kapan kamu berencana liburan ke Telaga Warna Dieng? Jika kamu berada di Wonosobo aau berencana ke sini, jangan lupa mampir ke Telaga Warna Dieng ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here