Mawar Camp Ungaran (instagram @shouteng15)
Mawar Camp Ungaran (instagram @shouteng15)

WisataJateng.ID – Kota Ungaran yang ada di Kabupaten Semarang ini memang sedang gencar – gencarnya mengembangkan pembangunan terutama di sektor pariwisata.

Selalu ada saja tempat wisata baru setiap tahunnya, mulai dari wisata alam, religi, sejarah maupun wisata modern.

Seperti yang sedang viral di media sosial, adanya banyak foto – foto di instagram degan background Mawar Camp Ungaran. Apa itu Mawar Camp Ungaran?

Mawar Camp Ungaran merupakan pintu gerbang utama untuk pendakian ke Gunung Ungaran yang diubah menjadi tempat wisata yang cantik nan mempesona.

Lokasi Mawar Camp Ungaran

Mawar Camp Ungaran terletak di Kaki Gunung Ungaran tepatnya di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Walaupun tempat ini masih baru, namun sudah banyak pengunjung yang datang untuk sekedar berselfie atau ingin bercamping di sini.

Jalan menuju tempat wisata ini pun sudah bagus dan mulus. Terdapat rambu – rambu jalan yang membuat pengunjung waspada dan aman. Seperti peringatan untuk mengecek mesin atau rem kendaraan.

Ada juga pelindung jalan di bagian kanan kiri jalan yang menikung tajam sehingga membuat pengendara semakin aman.

Jika kamu dari Kota Semarang, kamu ambil arah menuju kawasan Bandungan. Sesampainya di kawasan Pasar Jumbaran, kamu bisa mengikuti papan petunjuk menuju Basecamp Mawar Gunung Ungaran.

Jalur menuju Mawar Camp Ungaran sama dengan jalur menuju Umbul Sidomukti. Atau jika kamu masih bingung, gunakan saja aplikasi google maps di HP kamu ya!

Daya Tarik Mawar Camp Ungaran

Mawar Camp Ungaran (instagram @ubahphoto)
Mawar Camp Ungaran (instagram @ubahphoto)

Saat kita akan mendaki ke Gunung Ungaran, kita akan menemukan sebuah basecamp atau pintu gerbang tempat kita melakukan registrasi pembayaran dan tempat untuk menitipkan kendaraan.

Di sini kamu akan melihat sebuah basecamp yang berbeda, karena basecamp ini dibuat seperti halnya sebuah tempat wisata.

Ya, petugas SAKPALA yang merupakan tim pengelola basecamp pendakian sekaligus camp area Gunung Ungaran mendesain basecamp ini menjadi menarik dan indah.

Petugas SAKPALA merupakan anggota Karang Taruna setempat yang berinisiatif menjadikan basecamp ini menjadi tempat camping dan tempat berselfie yang unik.

Sehingga dalam sekejap saja tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Beda dulu beda sekarang, dulunya basecamp ini tidak terawat dan tidak dikelola dengan baik. Namun dengan inisiatif anggota Karang Taruna, mereka mencium ada potensi wisata yang menguntungkan.

Akhirnya mereka mendesain sebuah taman dan menyulap sampah botol – botol plastik dari para pendaki menjadi sebuah background foto dan pot bunga yang unik. Dengan ide kreatifnya tersebut membuat Mawar Camp ini banjir wisatawan dari berbagai kota.

Sekarang basecamp ini buka 24 jam, tidak seperti dulu yang buka pada waktu musim para pendaki naik gunung atau saaat weekend saja. Kamu bisa datang ke sini kapan saja.

Fasilitasnya pun sudah lengkap ada beberapa toilet lengkap dengan tempat cuci piring dengan bangunan permanen, ada mushola, ada tempat untuk selfie dan terdapat aliran listrik.

Buat kamu yang ingin camping juga bisa lho, kamu bisa membawa tenda dari rumah atau bisa meyewa tenda yang sudah disiapkan. Kamu tinggal pilih tenda yang kamu suka, bayar dan tenda pun siap digunakan.

Selain tenda kamu juga bisa menyewa peralatan pendakian seperti SB, kompor, headlamp, dan juga cooking set. Jadi, kamu tak perlu repot – repot membawa dari rumah.

Dulu, mungkin jika ingin sholat kamu menggelar matras di depan tenda, tapi sekarang sudah tersedia mushola yang akan membuat kamu khusyu beribadah.

Rasanya begitu nyaman bercamping di Mawar Camp ini, menikmati udara pegunungan yang sejuk dan bersih. Jika kamu bosan di dalam tenda, kamu bisa ke taman mini yang ada di area basecamp.

Taman ini dihiasi buga – bunga dan rerumputan yang ditata secara rapi dan indah. Kamu bisa duduk – duduk di sini dan menikmati pemandangan Kota Ungaran dari atas.

Ada ayunan yang menghadap ke lanskap pemandangan kota Ungaran, Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Rawa Pening. Nikmati suasana yang berharga ini, dan abadikan di lensa kamera kamu ya!

Di sekitar area basecamp terdapat juga papan informasi seputar kegiatan di Mawar Camp. Kamu tak perlu bingung dan takut nyasar, karena di sini sudah banyak petunjuk arah bahkan sampai di area puncak.

Mawar Camp Ungaran (instagram @mbahoerip)
Mawar Camp Ungaran (instagram @mbahoerip)

Para petugas basecamp sangat peduli dengan masalah sampah. Mereka menyediakan beberapa tempat sampah yang dibersihkan secara berkala.

Terutama sampah botol plastik dari para pendaki, mereka mengubahnya menjadi pot bunga yang cantik dan dijadikan ornamen spot foto berbentuk hati yang di dalam botol plastik ini sudah dipasangi lampu LED yang akan menyala cantik saat malam hari.

Buat kamu yang suka hunting foto, jangan lupa untuk menyaksikan saat lampu LED menyala pada malam hari ya, abadikan dan posting di instagram yang akan membuat kamu makin kece.

Kamu juga bisa menyaksikan moment sunrise yang sangat mempesona, karena lokasi Mawar Camp ini tepat menghadap di mana matahari mulai terbit.

Setelah ber-camping dan berfoto – foto cantik pengen deh mengisi perut. Di sini terdapat warung makan yang buka setiap saat. Jadi, jangan takut kelaparan ya, walaupun di kaki gunung namun fasilitas di sini terbilang komplit.

Harga Tiket Masuk Mawar Gunung Ungaran

Mawar Camp Ungaran (instagram @boxer_pink)
Mawar Camp Ungaran (instagram @boxer_pink)

Untuk memasuki kawasan Mawar Camp kita dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 5.000 / orang dan ada juga biaya reservasi.

Berikut daftar biayanya: Rp. 7.000 per orang untuk 2 hari 1 malam, Rp. 9.000 per orang untuk 3 hari 2 malam, Rp. 11.000 per orang untuk 4 hari 3 malam.

Sedangkan buat yang ingin bercamping dan menyewa tenda, biayanya sebesar Rp. 45.000 / malam. Ada juga biaya sewa sleeping bag seharga Rp. 8.000 per malam dan biaya untuk matras Rp. 5.000 per malam.

Buat keamanan kendaraan, petugas basecamp sudah menyediakan lahan parkir luas tertata rapi dan aman. Untuk kendaraan roda dua biaya parkir sebesar Rp. 3.000 dan untuk roda empat Rp. 10.000.

Ada kartu parkir yang tidak boleh dihilangkan. Petugas berjaga selama 24 jam, yang tentunya membuat keamanan kendaraan menjadi terkendali. Naik gunung maupun camping menjadi tenang.

Jadi, gimana tertarik buat camping di sini? Habiskan waktu liburan kamu dengan kegiatan yang positif dan tentunya dapat menyegarkan pikiran dari padatnya rutinitas sehari – hari yang membuat kita penat. Kamu bisa datang ke Mawar Camp Ungaran untuk mejernihkan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here