Hutan Mangrove Pandansari (instagram @sigitakbr)
Hutan Mangrove Pandansari (instagram @sigitakbr)

WisataJateng.ID – Bosan dengan suasana kota besar yang bising dan panas? Liburan pengen deh pergi ke tempat yang adem, tentunya dapat membuat kita rileks dan nyaman.

Jika kamu bingung mau liburan kemana, WisataJateng.ID punya solusinya. Coba kamu datang ke daerah Kota Brebes, kota yang terkenal dengan bawang merahnya ini mempunyai tempat wisata yang apik.

Hutan Mangrove Pandansari namanya, keberadaan hutan tentunya sangat penting bagi kehidupan, sudah seharusnya kita sebagai makhluk yang berakal untuk selalu merawat dan menjaganya.

Wisata hutan ini dapat menghilangkan rasa bosan kamu yang sehari – harinya hanya bekerja dan bekerja. Yuk kita simak baik – baik ulasan di bawah ini!

Lokasi Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Hutan Mangrove Pandansari ini terletak di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Wisata ini masih tergolong baru, kira – kira dibuka untuk umum pada tahun 2016 dan mulai dikenal masyarakat tahun 2017.

Untuk menuju lokasi sangatlah mudah, akses jalan pun sudah terbilang baik. Jaraknya sekitar 10 km dari Pusat Kota Brebes. Jika kamu dari Kota Brebes, arahkan kendaraan kamu ke barat ke luar kota Brebes.

Ikuti jalan pantura sampai kamu menemukan Rumah Sakit Bhakti Asih di kanan jalan, dari sini kamu belok kanan. Kemudian ikuti terus jalan ini sampai kamu menemukan sebuah pasar dan terlihat ada papan petunjuk jalan menuju Hutan Mangrove Pandansari.

Ikuti terus penunjuk jalan tersebut, melewati area pertambakan udang, bandeng dan garam sampai kamu tiba di parkiran wisata Hutan Mangrove Pandansari. Dari parkiran ke Mangrove Trail Brebes ini kamu harus naik perahu menelusuri sungai menuju ujung dermaga mangrove trail.

Daya Tarik Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Hutan Mangrove Pandansari (instagram @luckynugroho11)
Hutan Mangrove Pandansari (instagram @luckynugroho11)

Hutan memang selalu memberikan suasana yang sangat nyaman, pikiran kita menjadi fresh dan semangat untuk kerja lagi. Setiba di hutan ini hanya ada hutan mangrove hijau dan sungai yang tenang tentunya.

Ketika kita naik perahu akan terlihat di sebelah kanan dan kiri dipenuhi pohon bakau dari akar jenis Rhizopora yang mempunyai akar jangkar. Jika kamu beruntung, kamu akan melihat burung pemakan ikan seperti kuntul, raja udang dan lain – lainnya yang sedang sibuk mencari makan.

Untuk sampai ke dermaga mangrove trail pandansari kira – kira dibutuhkan waktu 15 menit menggunakan perahu. Di dermaga ini terdapat gapura selamat datang yang bisa kamu gunakan untuk berselfie ria.

Dari gapura, perjalanan kamu akan disambut dengan jembatan berwarna pink yang tentunya instagramable.

Jalur mangrove cukup panjang, kira – kira 1 km dari dermaga, mungkin akan terasa lelah namun semua itu akan terbayarkan dengan panorama Hutan Mangrove Pandansari yang sangat memukau.

Nikmati setiap perjalanan kamu, lihatlah pemandangan alam yang tiada tara. Dari jembatan kita akan melalui lorong – lorong hutan bakau yang sangat teduh dan menenangkan hati tentunya.

Hutan Mangrove Pandansari (instagram @fafaalfadila)
Hutan Mangrove Pandansari (instagram @fafaalfadila)

Abadikan moment yang berharga ini di lensa kamera kamu ya! Kamu bisa berselfie di spot yang telah disediakan diantaranya: tugu selamat datang Hutan Mangrove Pandansari, jembatan berwarna pink, lorong – lorong hutan mangrove, dua buah gardu pandang untuk melihat panorama alam hutan mangrove dari ketinggian, tugu patung ikan “mudskipper”, ikan yang hidupnya di lumpur hutan bakau.

Jika kamu merasa lelah, kamu bisa duduk – duduk di bangku – bangku yang telah disediakan, sembari melihat pemandangam hutan bakau yang begitu menawan. Suasana ini sangat nyaman, apalagi jika kamu datang dengan pasangan, suasana di sini sangat romantis.

Selain itu, di spot tertentu kamu akan menemukan pedagang makanan dan minuman yang siap mengganjal perut kamu dari dahaga dan lapar.

Wisata Hutan Mangrove Pandansari ini masih tergolong baru, namun fasilitas yang ada sudah terbilang komplit. Pengembangan hutan mangrove ini memerlukan waktu sekitar 10 tahun untuk jadi seperti sekarang ini.

Kamu juga bisa singgah di pulau pasir yang berada tidak jauh dari Hutan Magrove Pandansari. Di sekitar pantai kamu akan melihat pemandangan air yang biru.

Dan tampak burung camar beterbangan, serta bangau terbang di atas hutan dan mematuk ikan – ikan yang sedang berenang. Tidak hanya itu, kamu juga akan melihat tambak warga yang sudah terkena abrasi.

Di sini kamu akan menyaksikan warga sekitar yang sedang mencari kerang, udang, dan ikan di bekas tambak yang telah tenggelam. Sungguh pengalaman yang sangat berharga bukan?

Di pantai ini kamu bisa santai dan menikmati suasana pantai yang begitu nyaman. Kamu juga akan melihat kapal nelayan yang ada di tepi pantai. Udara yang sejuk dan bersih membuat kita betah berlama – lama berada di sini.

Dengan adanya peran media sosial, membuat tempat wisata baru seperti Hutan Mangrove Pandansari ini langsung dengan cepat dikenal masyarakat umum. Apalagi dengan banyaknya foto muda – mudi dengan background Hutan Mangrove Pandansari.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Untuk dapat menikmati suasana di Hutan Mangrove Pandansari Brebes ini kamu dibebankan biaya tiket. Harga tiket masuk sebesar Rp. 20.000 untuk orang dewasa, dan Rp. 10.000 untuk anak – anak.

Harga tersebut sudah termasuk sewa kapal pulang pergi dari Dermaga Pandansari menuju kawasan Hutan Mangrove. Harga yang sangat terjangkau bukan?

Sedangkan untuk keamanan kendaraan, kamu diharuskan membayar uang parkir sebesar Rp. 2.000 untuk pengguna sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk pengguna mobil.

Sebelum pulang, kita harus mencicipi makanan khas Kota Brebes ini diantaranya: telur asin, sate kambing muda, rujak belut, kupat glabed, sate blengong, bandeng presto, nasi lengko, teh poci, kerupuk rambak dan masih banyak lagi.

Yang paling diminati biasanya adalah teh poci, yaitu minuman yang wangi, legi dan kentel dengan penyajian menggunakan poci dan cangkir yang terbuat dari tanah liat dihidangkan panas dengan pemanis berupa gula batu.

Sedangkan untuk oleh – oleh, kamu bisa membeli telur asin yang merupakan ciri khas Kota Brebes. Makanan ini dapat kamu temukan di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman Ketanggungan Brebes.

Jika kamu berada di Brebes atau berniat ke Brebes, sempatkan mampir ke Hutan Mangrove Pandansari ya. Datanglah dengan teman, keluarga atau pasangan yang akan membuat kamu bahagia tentunya, selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here