Curung Nangga Banyumas (instagram @mas_saptanugraha)
Curung Nangga Banyumas (instagram @mas_saptanugraha)

WisataJateng.ID – Boring dengan aktivitas sehari – hari yang itu – itu saja? Pengen liburan yang dapat menenangkan pikiran, Kota Banyumas piihannya.

Kota dengan sebutan Kota Satria ini, mempunyai destinasi wisata yang komplit mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata modern yang membuat kita kagum.

Nah, coba kamu datang ke Banyumas tepatnya Kota Purwokerto. Tidak hanya ada Wisata Baturraden yang sangat terkenal di Purwokerto lho.

Di sini terdapat wisata baru yang masih alami dan tentunya suasana alam pegunungan yang dapat membuat kita rileks sejenak dari beragam aktivitas sehari – hari yang begitu padat.

Namanya adalah Curug Nangga Petahunan Banyumas, sebuah air terjun yang berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas.

Air terjun di sini berbeda dari air terjun biasanya, karena air terjun di sini tersusun dari 7 air terjun yang berundak – undak dengan ketinggian yang berbeda – beda dan dari kejauhan terlihat seperti tangga.

Lokasi Curug Nangga Petahunan Banyumas

Curung Nangga Banyumas (instagram @tiyut_kuncret)
Curung Nangga Banyumas (instagram @tiyut_kuncret)

Lokasi menuju tempat wisata sudah cukup baik, hal ini dikarenakan adanya dukungan pemerintah untuk membangun jalan menuju lokasi tempat wisata.

Bupati Banyumas setelah mengunjungi lokasi wisata ini menyumbang Rp. 30 juta yang bersumber dari APBD untuk perbaikan jalan menuju Curug Nangga Petahunan Banyumas.

Lokasinya berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Kira – kira berjarak 30 km ke arah barat dari Pusat Kota Purwokerto.

Rute perjalanannya, pertama kamu harus menemukan pangkalan ojek Cikawung, kemudian kamu ikuti jalan masuk tersebut sekitar 3 km dengan waktu kira – kira 15 menit hingga kamu menemui SD / MI Petahunan. Tak jauh dari SD / MI Petahunan ada sebuah lapangan yang tidak terlalu luas.

Nah, di lapangan inilah kita bisa menitipkan kendaraan pribadi kita. Untuk selanjutnnya, kita tinggal berjalan kaki menuruni bukit sekitar 1 km, melewati kebun dan persawahan warga hingga sampai di lokasi curug berada.

Medan jalan yang ditempuh sudah lumayan bagus yaitu sudah beraspal, tetapi kontur jalan yang menanjak dan berkelak – kelok membuat kita harus selalu berhati – hati.

Cukup mudah ditempuh bukan? namun, perlu tenaga yang ekstra saat kita berjalan kaki menuruni bukit untuk mencapai lokasi curug. Siapkan mental dan tenaga kamu ya!

Daya Tarik Curug Nangga Petahunan Banyumas

Curung Nangga Banyumas (instagram @ubech91)
(instagram @ubech91)

Kata “Nangga” berasal dari kata “Tangga”, yang mencermikan kenampakan fisik air terjun 7 tingkat yang dilihat dari jauh seperti tangga. Kemudian untuk memudahkan pengucapan warga setempat menyebutnya dengan kata Nangga.

Curug ini memiliki keindahan 7 undakan dengan ketinggian yang berbeda – beda yang menjadi pemikat para wisatawan. Dari kejauhan 7 undakan ini seperti tangga yang tersusun rapi. Jarak masing – masing undakan sekitar 10 – 20 meter.

Ketujuh undakan tersebut memiliki nama yang berbeda – beda. Yang paling atas bernama Curug Nangga, kedua bernama Curug Cikidang, ketiga bernama Curug Gomblang, keempat bernama Curug Pewinian, kelima Curug Bantar Pewinian, keenam Curug Lunjar, dan yang ketujuh Curug Benda.

Pada lokasi Curug kelima dari atas terdapat kolam besar yang bisa kita jadikan tempat untuk bermain – main air, namun jangan berenang ya, karena kedalaman curug yang mencapai 6 meter .

Curung Nangga Banyumas (instagram @udus_thea)
(instagram @udus_thea)

Buat kamu yang tidak bisa berenang, lebih baik jangan mencobanya karena kamu bisa tenggelam.

Kamu bisa menikmati segarnya air curug atau sekedar berfoto dan menikmati suasana yang jarang kita rasakan di perkotaan.

Jangan lupa untuk mengabadikannya di lensa kamera kamu ya! Pilih spot – spot yang menarik dan pastinya instagramable!

Buatlah kenangan manis yang tidak akan terlupakan! Tenangkan hati dan hilangkan pemikiran dari rutinitas sehari – hari yang membuat kita penat.

Karena Curug Nangga Petahunan ini termasuk tempat wisata yang masih baru (mulai dikenal pada tahun 2015) , jadi fasilitasnya pun belum terlalu lengkap.

Bahkan terkesan seadanya seperti area parkir yang berada di pekarangan rumah warga dan adanya warung – warung yang masih dengan bangunan non permanen. Tersedia ruang ganti dan toilet, namun itu berada di atas bukit.

Harga Tiket Masuk Curug Nangga Petahunan Banyumas

Untuk menikmati semua keindahan Curug ini, kamu dibebankan biaya tiket masuk. Karena Curug Nangga Petahunan ini termasuk dalam wisata alam jadi harganya pun sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 10.000.

Dan untuk keamanaan kendaraan pribadi, kamu diharuskan menitipkan kendaraan di rumah – rumah warga atau lapangan dengan membayar uang parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat / mobil.

Bukan wisata namanya, jika kamu tidak mencicipi wisata kulinernya. Kamu bisa membelinya di sepanjang Jalan Purwokerto.

Terdapat banyak makanan khas diantaranya: Mendoan, soto sokaraja, getuk goreng, nopia, klanting, keripik tempe, kraca, kluban, tegean, cenil, combro, buntil, dage, badeg, dan lumpia boom.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Curug Nangga Petahunan bukan? Siapkan perlengkapan berlibur kamu dan bawalah barang sesuai dengan kebutuhan saja!

Buat kamu yang berada di sekitar Banyumas, atau ada rencana mengunjungi Banyumas, pastikan mampir ke Curug Petahunan ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here