Curug Lawe Ungaran (instagram @lek_dwex)
Curug Lawe Ungaran (instagram @lek_dwex)

WisataJateng.ID – Ungaran…! Begitu banyak keindahan yang tersimpan. Tak pernah habis bicara tentang Kota Ungaran, dari wisata modern hingga wisata alamnya.

Kali ini kita akan mengulas habis salah satu obyek wisata yang ada di Ungaran yaitu Curug Lawe. Curug Lawe ialah sebuah air terjun yang terletak di Lereng Gunung Ungaran, tepatnya di sebelah barat dan jauh dari Pusat Kota.

Lokasi Curug Lawe

Terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 21 km dari Pusat Kota Semarang dengan waktu perjalanan sekitar 51 menit. 23 km dari Stasiun Poncol dengan waktu perjalanan sekitar 53 menit.

Perkiraan waktu tempuh tersebut bila tidak ada kendala di perjalanan. Jika kamu masih bingung, bisa menggunakan aplikasi google maps di HP kamu ya.

Daya Tarik Curug Lawe

Curug Lawe Ungaran (instagram @no.v.an)
Curug Lawe Ungaran (instagram @no.v.an)

Terletak di Lereng Gunung Ungaran yang memiliki ketingian 2.050 mdpl, membuat lokasi Curug Lawe ini sangatlah sejuk. Untuk menikmati keindahan Curug Lawe memang tidak lah mudah, karena lokasinya yang berada dalam hutan mengharuskan kita berjalan kaki sekitar 1 km dari tempat parkir.

Kamu akan melintasi perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai lokasi air terjun ini. Pasalnya kawasan air terjun ini berada di Kaki Gunung dan belum mempunyai akses yang cukup memadai.

Kamu tentunya akan merasa kelelahan dan bosan, namun semua rasa lelah itu akan terbayarkan dengan pemandangan di sepanjang perjalanan. Yaitu hamparan perkebunan cengkeh yang luas dan sangat hijau.

Dan di sebelah perkebunan cengkeh kita bisa melihat sebuah gapura bertuliskan CLBK. Yang merupakan kependekan dari Curug Lawe Benowo Kalisidi, yang merupakan nama lengkap dari kawasan wisata tersebut.

Setelah melewati gapura kita akan disuguhkan pemandangan hutan lindung yang ada di sekitar curug. Di hutan ini kamu akan meyaksikan deretan pepohonan dan juga aliran sungai yang cukup deras.

Jangan lupa untuk mengabadikannya di lensa kamera kamu ya! Di sini terdapat spot foto yang sangat terkenal yaitu “Jembatan Romantis”. Jembatan ini adalah jalan untuk menuju air terjun.

Jembatan Romantis (instagram @nonik_ayoe)
Jembatan Romantis (instagram @nonik_ayoe)

Berada di persimpangan antara jalur menuju Curug Lawe dan jalur menuju Curug Benowo. Disarankan untuk menuju air terjun harus berhati – hati karena jalan yang licin dan sempit sekitar 1 meter saja.

Disarankan untuk memilih jalur Curug Benowo terlebih dahulu. Karena curug ini memiliki jalur memutar yang akan melewati area Curug Lawe. Sehingga para pengunjung dapat mengunjungi 2 area wisata sekaligus, yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo.

Curug Lawe memiliki sebuah kisah, yaitu nama Lawe sendiri yang diambil karena tampilan air terjun yang sangat jernih dan sekilas seperti benang putih yang cantik.

Dan ada versi lain yang menyebutkan bahwa kata Lawe berasal dari jumlah air terjun yang terdiri dari 25 buah air terjun. Sehingga disebut Lawe yang diambil dari bahasa jawa yaitu selawe (25).

Pemandangan alam yang menawan ditambah dengan kicauan burung yang saling bersautan membuat kita betah dan berlama – lama berada di sini. Kita juga akan menemukan hewan liar seperti lutung yang bergelantungan di pohon – pohon.

Dengan semua keindahan yang ada, namun tidak didukung dengan fasiitas yang lengkap. Di sini hanya ada satu toilet umum dan belum ada tempat ibadah dan warung – warung makan. Jadi disarankan sebelum kemari sebaiknya mempersiapkan bekal yang akan dibawa.

Buat yang ingin menginap, kamu bisa berkemah di Curug Lawe dengan biaya yang sangat terjangkau yaitu Rp. 8.000 per orang saja untuk satu malam.

Harga Tiket Masuk Curug Lawe

Karena Curug Lawe termasuk dalam wisata alam, jadi harga tiketnya pun sangat terjangkau yaitu Rp. 5.000 / orang. Dengan harga tiket tersebut kita sudah bisa menikmati keindahan Curug Lawe.

Jika kamu datang ke Ungaran wajib banget untuk mencicipi makanan khasnya. Karena Ungaran memiliki julukan Kota Seribu Rumah Makan. Jadi pastinya banyak makanan khas yang sangat enak. Kamu bisa menemukannya di sepanjang jalan Kota Ungaran.

Makanan yang paling terkenal di Ungaran antara lain: Sate Sapi Pak Kempleng, Tahu Bakso Bu Pudji, Restaurant Gubug Mang Engking, dan Warung Makan Mbak Toen.

Dijamin rasanya dapat menggoyangkan lidah kamu. Dan jangan lupa bila kamu berniat ke Ungaran, atau kamu berada di sekitar Ungaran untuk mampir ke Wisata Curug Lawe ya! Ajak seluruh anggota keluarga kamu dan nikmati sensasi liburan yang mengesankan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here