Brown Canyon Semarang (instagram @adi_mrizal)
Brown Canyon Semarang (instagram @adi_mrizal)

WisataJateng.ID – Jaman sekarang orang berlomba – lomba untuk berlibur ke luar negeri, supaya mereka dianggap orang yang berduit. Bagi kita yang anggaran berliburnya kurang, tidak akan mampu untuk berlibur sampai ke luar negeri.

Tapi gak usah khawatir, karena sekarang ada wisata alam Indonesia yang menyuguhkan pemandangan seperti di luar negri. Seperti di Arizona Amerika Serikat ada Grand Canyon, di Indonesia juga ada lho, yaitu Brown Canyon Semarang.

Banyak yang bilang kalau Grand Canyon di Amerika mirip dengan Brown Canyon di Semarang. Kemiripannya terletak pada bukit – bukit yang menjulang tinggi kemudian karena proses alam dan penambangan berubah menjadi tebing – tebing yang curam.

Apa itu Brown Canyon? Di Indonesia Brown Canyon merupakan sebuah tempat bekas penambangan tanah yang dilakukan secara terus menerus selama 10 tahun lebih di Meteseh, Tembalang, Semarang.

Lokasi Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang (instagram @anuakbar_)
Brown Canyon Semarang (instagram @anuakbar_)

Lokasinya berada di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Tepatnya berada di 2 km sebelah selatan stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading Mranggen. Letaknya cukup jauh dari Pusat Kota Semarang, namun tempat ini dapat dijangkau dengan akses mana pun.

Buat kamu yang berada di luar kota seperti Solo dan Jogja, perjalanan bisa dimulai dengan melalui kawasan Banyumanik, Tembalang dan juga UNDIP. Dari sini kamu harus melalui Sigar Bencah hingga kamu menemukan perempatan Pasar Meteseh.

Dari Pasar kamu lurus saja sampai menemukan petunjuk jalan menuju kawasan Brown Canyon. Jalur ini merupakan jalur utama menuju Brown Canyon. Jika kamu bingung gunakan saja aplikasi google maps di HP kamu ya!

Kondisi jalan menuju tempat ini belum terlalu bagus, berdebu dan masih bergelombang. Maka lebih baik jika kamu datang ke sini menggunakan sepeda motor yang fleksibel atau buat yang suka memacu adrenalin seperti off road menggunakan motor trail.

Tidak disarankan menggunakan mobil mewah apalagi mobil dengan mobil full variasi atau mobil ceper, tapi boleh menggunakan mobil jeep yang pas buat medan di Brown Canyon ini.

Daya Tarik Brown Canyon

Brown Canyon Semarang (instagram @dhef.eb)
Brown Canyon Semarang (instagram @dhef.eb)

Kota Semarang memang kota yang istimewa, tak heran rasanya jika banyak wisatawan yang datang ke Kota Central of Java ini. Obyek wisata yang sangat beragam tersedia di Kota ini. Apalagi dengan adanya peran media sosial seperti instagram yang membuat dalam sekejap sebuah obyek wisata menjadi viral.

Seperti Brown Canyon ini, dalam sekejap saja tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahan alamnya yang begitu memukau membuat wisatawan takjub dan berbagga menjadi orang Indonesia.

Brown Canyon terbentuk karena proses alam dan juga proses penambangan yang dilakukan oleh penambang di sekitar Semarang dan Jawa Tengah selama 10 tahun lebih.

Namun, dengan adanya proses penambangan ini maka terciptalah sebuah tempat wisata yang begitu mempesona Brown Canyon. Sebagian masyarakat di sekitar Brown Canyon menggantungkan hidupnya pada tempat penambangan ini. Mereka sehari – hari mengais rejeki di sini untuk menghidupi keluarganya.

Proses penambangan yang dilakukan antara lain, pengerukan pasir, tanah urug, dan batuan cadas. Dengan proses yang lama kurang lebih 10 tahun membuat bebatuan cadas di sekitar kawasan mulai terkikis dan lama kelamaan berubah menjadi Brown Canyon.

Brown Canyon Semarang (instagram @varieddc)
Brown Canyon Semarang (instagram @varieddc)

Selama perjalanan, kamu akan menemukan hamparan ladang bercadas yang disekitarnya ditanami jagung. Tapi sangat disayangkan karena ladang ini seperti tidak bertuan dan terkesan terbengkalai.

Dari area ladang, kamu juga bisa melihat beberapa truk dan alat – alat berat lainnya yang sedang beroperasi berada di bawah Brown Canyon.

Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ketika waktu istirahat, truk dan alat – alat berat lainnya ditinggalkan begitu saja di area tersebut.

Kawasan ini setiap harinya selalu beroperasi, para penambang mengambil pasir dan juga bebatuan di sini untuk dijual kepada para supplier bahan bangunan.

Ketika sampai di Brown Canyon kamu akan disuguhkan dengan pemandangan tebing – tebing yang tinggi menjulang yang berpadu dengan hijaunya pepohonan di area puncak.

Tempat ini cocok buat kamu yang suka hunting foto atau kamu yang suka selfie dengan background yang menarik. Jadi, jangan lupa bawa kamera ya!

Kamu bisa menyaksikan moment sunset dan sunrise yang sangat eksotis, tak hanya itu kamu bisa melihat aktivitas penambangan dari jarak dekat.

Tempat ini sangat panas dan berdebu yang sangat tebal, ketebalan sekitar 5 sampai 10 cm, jadi disarankan kamu memakai masker atau buff sebagai penutup mulut dan kacamata untuk pelindung mata.

Di Brown Canyon ini juga ada kolam lho, dengan bentuk tepian yang memanjang, kolam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Maklum saja di tengah penambangan batu dan pasir yang panas dan berdebu keberadaan kolam seakan menjadi kenikmatan yang begitu menyegarkan.

Harga Tiket Masuk Brown Canyon

Brown Canyon Semarang (instagram @wachide)
Brown Canyon Semarang (instagram @wachide)

Untuk harga tiket Brown Canyon sekarang ini masih gratis, tapi kadang ada pungutan liar yang berada di sekitar lokasi wisata . Wisatawan bisa memberikan uang serelanya saja. Namun, pada sore hari menjelang maghrib biasanya pungli sudah tidak ada.

Karena kawasan penambangan masih aktif hingga sekarang, menjadikan tempat wisata ini tidak mempunyai fasilitas seperti tempat wisata pada umumnya. Belum ada tempat parkir, tidak ada penjual makanan serta fasilitas lainnya.

Lokasi ini masih aktif digunakan untuk pekerja tambang, maka disarankan jika kamu datang ke Brown Canyon sebaiknya datang di luar jam kerja atau saat pekerja tambang sedang istirahat atau libur.

Hal ini menjadi penting karena kehadiran kamu bisa jadi mengganggu mereka atau kamu terganggu dengan lalu lalang para pekerja tambang.

Dan jangan datang pada musim hujan, karena dipastikan kondisi jalan menuju tempat ini sangat becek dan akan ada lubang jalan yang penuh dengan genangan air dan tentunya akan sulit untuk dilewati.

Gimana? Nggak perlu jauh – jauh ke Amerika kan? Cukup datang ke Brown Canyon di Semarang, kamu sudah bisa merasakan sensasi seperti berada di Grand Canyon Amerika.

Jika kamu berada di Semarang atau berniat liburan ke Semarang, jangan lupa mampir ke Brown Canyon ya! Happy holiday!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here